Asal Mula Listrik


Pernahkah kita berpikir apa itu Listrik? Kenapa Listrik bisa mengalir. 
Ya sudah sekarang saya akan bahas masalah asal mula listrik. Listrik adalah eleketron yang bergerak.
Setiap benda terdiri dari bagian yang sangat kecil. Bagian itu yang disebut dengan Molekul. Nah sekarang partikel apa yang terdapat dalam sebuah molekul. Partikel yang membentuk molekul itu yang disebut dengan Atom. Pada setiap atom mempunyai sebuah inti atom yang dinamakan Proton yang bermuatan Positif (+), dan dikelilingi oleh satu atau beberapa Elektron. Elektron mempunyai muatan listrik Negatif (-). Elektron mengelilingi Proton dengan kecepatan kira-kira 300.000km/detik.
Elektron yangberada pada lapisan paling luar disebut elektron bebas, elektron bebas sangat gampang berpindah-pindah dari satu atom ke atom yang lain. Perpindahan elektron bebas ini mengakibatkan kekosongan di atom yang ditinggalkan sehingga menarik elektron disekelilingnya. Perpindah yang teratur elektron bebas ini dinamakan Arus Elektron, dari situ timbullah Aliran Listrik (Muatan Listrik).

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com